Keuntungan Investasi Properti Syariah dan Perumahan Syariah

Keuntungan Investasi Properti Syariah dan Perumahan Syariah

Saat ini, perkembangan investasi property dan perumahan syariah menjadi pilihan favorit para masyarakat atau investor yang akan berinvestasi. Sekarang sistem syariah juga ikut serta dalam perkembangan investasi property karena memang pada awalnya sistem syariah ini hanya digunakan oleh pihak bank.

Sistem syariah merubah prinsip yang awalnya bank mengambil bunga atau yang sering disebut bank konvensional menjadi prinsip yang sesuai dengan syariat islam atau dikenal dengan istilah bank syariah. Dalam artian sistem syariah yang digunakan adalah untuk menghapus riba yang merupakan pembayaran bunga.

Prinsip syariah property yang digunakan di dunia investasi property yakni investasi property syariah yang mampu menarik perhatian para investor terutama sekarang banyak sekali investor muslim. Dalam berinvestasi yang dijalankan setiap orang pasti memiliki resio dan keuntungan masing masing, mulai dari resiko yang kecil hingga yang besar, namun semua itu tergantung pilihan kita.

Investasi property yang sudah jelas jika dijalankan tanpa ilmu maka bisa juga menjadi investasi property yang gagal, karena sudah banyak sekali bisnis property seperti ini yang banyak mengalami kebngkrutan karena meskipun memiliki modal yang cukup namun terkadang kurang dalam hal ilmunya.

Investasi property syariah memiliki kemungkinan kecil untuk mengalami kebangkrutan, karena merea menerapkan semua sesuai dengan aturan agama, jadi kesepakatan sudah memenuhi atas hak kedua pihak. Untuk tau lebih jelasnya, maka simak sebagai berikut.

Pengertian Investasi Properti Syariah

Property syariah muncul sebagai pilihan anda khususnya bagia anda yang ingin membeli rumah atau justru sekedar berinvestasi, adapun property syariah disini dijalankan tidak melalui tangan ketiga atau yang biasanya menggunakan bank dan lembaga keuangan lainya.

Pengertian Investasi properti syariah

Fokus property syariah hanya sekedar skema kepemilikan rumah dengan akad akad yang sesuai dengan syariat islam. Sederhananya adalah property syariah melakukan pembelian rumah langsung kepada pihak pengembang, satu hal yang diterapkan oleh property syariah adalah tidak menggunakan pihak ketiga.

Sama halnya property syariah adalah transaksi yang murni bisnis jual beli uang tunai maupun kredit antara pihak konsumen dan pengembang, dan tidak sama dengan KPR secara konvensional yang mana property syariah konsumen tidak akan dikenakan biaya administrasi.

Investasi property syariah adalah investasi property yang dilakukan atas dasar aturan sesuai dengan aturan agama, dimana semua yang anda lakukan harus sesuai termasuk pembelian rumah yang akan digunakan untuk investasi.

Kita mungkin sudah banyak mengetahui bahwa banyak sekali orang yang sudah mengusung prinsip syariah untuk perumahan. Karena banyak sekali masyarakat yang sudah sadar akan bahaya nya ketika melakukan investasi dengan KPR konvesional dan juga bahaya akan dosa akibat riba. KPR konvensional biasanya Ketika anda mengalami kebangkrutan maka harta yang anda miliki akan habis semua.

Investasi property syariah juga biasanya memilih sistem keuangan dengan prinsip syariah, yang mana tida akan menggunakan bunga. Investasi property syariah juga harus menguntungkan semua belah pihak, kemudian investasi ini ketika jangka pendek ataupun jangka panjang harus diarahkan untuk memiliki return yang halal dan baik serta memiliki kesinambungan.

Pada dasarnya kegiatan investasi dilakukan oleh banyak orang, misalnya saja seorang ibu merawat anaknya dengan harapan ingin ketika besar nanti anaknya akan menjadi sukses dan membahagiakannya merupakan investasi.

Semua yang dilakukan dengan pengorbanan untuk memperoleh keuntungan di masa depan maka itu juga merupakan investasi, beberapa prinsip yang harus dipegang dalam menjalankan investasi syariah menurut islam diantaranya adalah usaha yang dijalankan tidak boleh usaha yang hukumnya haram.

Baik dzatnya ataupun caranya tidak boleh bersifat haram atau tidak sesuai aturan agama. Hasil yang diperoleh dari investasi juga harus dibagi dengan adil sesuai porsi masing masing pihak, begitu jug ajika mengalami kerugian maka kedua belah pihak harus sama sama merasakan.

Tidak ada yang boleh mendzalimi atau didzalimi, investasi juga harus dilakukan dengan jelas, transparan, dan tanpa paksaan sehingga semua pihak. Prinsip prinsip syariah diterapkan memiliki tujuan agar semua belah pihak yang terlibat dalam investasi dapat diuntungkan dan terjalin hubungan yang baik, serta mendapatkan penghasilan yang halal.

Perbedaan Investasi Property Syariah dan Konvensional

Diesempatan ini saya akan membahas perbedaan property syariah dan property konvensional, untuk kalangan yang ingin lebih tau banyak tentang investasi maka dari itu saya akan membahasmengenai perbedaan.

Pada dasarnya dalam hal membedakan investasi syariah dan konvensional tidak terlalu sulit, karena yang membedakan antara investasi syariah dan konvensional adalah terleta pada unsur riba yang ada di dalam mendapatkan keuntungan.

Perbedaan investasi property syariah dan konvensional

Sistem riba yang digunakan adalah menggunakan sistem bagi hasil sesuai dengan besar kecilnya bunga dari modal yang ditanam. Ini sama dengan apa yang di terapkan di bank konvensional. Berbeda dengan prinsip investasi syariah yakni terbebas dari unsur riba, gharar dll.

Riba sama dengan bunga yang dihasilkan dari penanaman modal, riba biasanya diberikan ketika melakukan sebuah investasi seperti bank konvensional yang melakukan penerapan seperti deposit. Sedangkan jika kita menggunakan investasi syariah sudah pasti kita akan terbatas dari riba.

Lain hal lagi dengan sistem yang digunakan oleh bank syariah, hasil akhir dari apa yang kita investasikan sudah dibersihkan dengan melalui keluarnya zakat yang dilakukan otomatis oleh pihak bank syariah atau bisa melalui diri kita sendiri. Sistem konvensional pada dasarnya memang hanya mementingkan hal duniawi semata, dan hanya memntingkan keuntungan yang sebesar besarnya tanpa memperdulikan urusan halal atau tidaknya.

Sekarang banyak sekali masyarakat yang lebih tertarik untuk menyewa uang di bank syariah karena masyarakat banyak yang sadar akan akibat dari bank konvensional yang tidak sesuai dengan aturan agama. Maka tak heran jika kalian seringkali menjumpai bank syariah sudah ada dimana mana.

Sebenarnya sistem bagi hasil sudah harus disepakati sejak awal transaksi antara nasabah dan bank, sebelum keuntungan dari hasil tersebut diketahui maka hasil tidak bisa dibagi. Dengan sistem bagi hasil antara nasabah dan bank sebenarnya lebih adil dan keuntungan yang akan diperoleh juga bisa lebih besar disbanding dengan sistem bunga.

Investasi yang selama ini kita mengerti adalah suatu aktivitas untuk menambah kekayaan yang biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berpenghasilan lebih atau berkecukupan. Perbedaan investasi property konvensional adalah tujuan investasi ini hanya mencari keuntungan sebesar besarnya dan resiko ditanggung sendiri menganut asas bebas resiko.

lain halnya dengan investasi property syariah investasi ini berbentuk portofolio efek berdasarkan hokum islam yang mana memiliki tujuan mencari keuntungan didasarkan atas ibadah kepada allah dan resiko yang terjadi ditanggung bersama.

Semoga dengan ini, anda bisa faham mengenai perbedaan antara investasi syariah dan investasi konvensional, sehingga anda bisa memilih lebih bijak antara investasi syariah atau investasi konvensional.

Keuntungan Investasi Property Syariah

Ada banyak sekali investasi yang digunakan oleh masyarakat, diantaranya adalah investasi deposito, investasi emas, investasi property dan masih banyak lagi. Dari beberapa investasi tersebut tentunya masing masing investasi tersebut memiliki keuntungan yang berbeda beda.

Keuntungan investasi property syariah

Dari beberapa investasi yang ada, investasi propertilah yang merupakan produk investasi yang memiliki keuntungan lebih yakni sebagai berikut :

1.   Rendah Resiko

Investasi ini memiliki resiko lebih rendah dibanding kan dengan investasi dalam bentuk saham, hal ini disebabkan karena pergerakan nilai property tidak secepat dengan kenaikan saham. Model seperti ini sangat cocok bagi investor yang tidak ingin mendapatkan resiko yang terlalu tinggi.

2.   Memiliki Nilai Tambah

Investasi property dikenal mempunyai nilai tambah yang memang lebih besar, alasanya nilai ini berasal dari pengembangan pembangunan dimana property dibangun diatas tanah kosong yang mana akan dibangun sebuah bangunan yang menghasilkan keuntungan yang berlipat.

3.   Memiliki Keuntungan yang Meningkat

Property ini memiliki nilai yang meningkat setiap tahunya, sistem property seperti sewa dan kontrak makanya setiap tahun harganya bisa naik bahkan lebih dari yang diperkirakan. Selain itu juga property jika dijual maka setiap tahunya akan terus naik.

Tidak hanya itu saja melainkan investasi property syariah juga menjadi salah satu asset ketika pensiun, ini merupakan pengalokasian dana masa muda yang sangat tepat sekali.

4.   Terlihat Secara Fisik

Investasi property merupakan investasi yang berbeda karena jika investasi berbentuk deposito maka tidak akan terlihat bentuknya. Investasi ini terlihat jelas ada bentuk dan wujudnya oleh karena itu investasi property ini sangat diminati oleeh masyarakat.

5.   Investasi Jangka Panjang

Investasi ini memiliki nilai yang jangka panjang, ini merupakan peluang anda untuk mengalokasikan dana disbanding dengan investasi deposito atau emas. Selain itu, sifat property juga mampu bertahan lama sekali dan tidak akan mengurangi harganya.

Antara harga jual dan pembelian juga tergolong sangat menguntungkan sekali, sehingga meskipun untuk jangka yang sangat panjang namun jangan khawatir keuntungan yang diperoleh juga semakin tinggi.

6.   Bisa Menghasilkan Pendapatan Tetap

Jika andasebagi investor yang berpenghasilan tetap maka anda bisa memanfaatkan property, misal investor bisa menyewakan property nya dengan harga sewa yang sesuai dengan kebutuhan. Pembayaran sewa property akan digunakan untuk mendapatkan penghasilan yang tetap bagi investor.

Selain itu juga harga sewa dari tahun ke tahun akan semakin naik, maka penghasilan tetap anda juga akan ikut naik. Ini sama halnya dengan sewa kos kosan. Investasi propertis ini bisa dijadikan passive income.

Baca Cara Cerdas Investasi di Properti Produktif

Selain mengetahui keuntungan investasi property Anda juga harus tahu tentang keuntungan khusus investasi property syariah yang dijalankan. Yakni sebagai berikut :

  • Investasi sesuai dengan syariat islam

Ini merupakan point yang paling penting dalam berinvestasi karena kita mempunyai embel-embel syariah yang didalmnya harus memenuhi syarat syariah itu sendiri misalnya harus memiliki barang yang halal, dilakukan dengan cara halal, dan digunakan secara halal.

  • Bebas riba

Kalian tahu sendiri kan riba merupakan hal yang paling merugikan dalam hal berjual beli, dan investasi juga merupkan salah satu  bentuk dari jual beli. Sehingga kita akan dijamin tidak rugi jikalau kita memilih investasi syariah ini. secara tidak langsung kita juga bisa menjauhkan para investor agar terhindar dari dosa juga ancama azab baik itu di dunia maupun diakhirat

  • Lebih aman

Selain terhindar dari riba kita otomatis akan aman dalam berinvestasi karena setiap investasi syariah harus mempunyai satu syarat ini yakni tidak adanya gharar, gharar mempunyai arti penipuan atau pemberitahuan yang menyesatkan atau sejenisnya sehingga membuat para investor terkadang tertipu bahkan rugi.

  • Manfaat  secara social

Tak hanya itu saja, ini merupakan manfaat yang tak kalah penting dari yang diatas selain sangat bermanfaat secara finansial, investasi syariah memiliki peran yang besar dimasyarakat contohnya dengan adanya investasi ini para pengusaha dapat memperluas usahanya, dan jika usaha mereka meluas otomatis masyarakat sekitar dapat menjadi pekerja disana dan otomatis pengangguuran berkurang dan tak lupa ada bonusnya yakni pahala karena investasi ini berdasarkan syariat islam.

Tapi kita juga perlu hati-hati dalam berinvestasi dikarenakan zaman sekarang marak adanya penipuan yang benar-benar merugikan itu, dan tak lupa meluasnya oknum-oknum yang sengaja menggunakan embel-embel syariah agar banyak yang tertarik berinvestasi padanya. Jadi kita tidak boleh gampang percaya dan harus mengkonfirmasikan investasi yang akan kita pilih.

Langkah-Langkah atau Cara Investasi Property Syariah yang Tepat

Di era yang seperti ini investasi property memang salah satu sector yang banyak sekali digandrungi oleh banyak orang karena dirasa investasi ini dapat menjaga kestabilan keuangan, apalagi mengetahui bahwa investasi property syariah memiliki keuntungan yang jauh lebih banyak, maka jangan heran jika banyak sekali yang berminat menjalankan bisnis ini.

contoh investasi property villa dan homestay
Contoh Penawaran Investasi Property di Villa dan Homestay

Jika anda ingin menjalankan investasi property syariah dan tidak tahu mau memulai dari mana maka simak beberapa langkah investasi property syariah berikut supaya anda tidak salah dalam memulai :

  •  Cari Pengembang yang baik

Carilah developer properti yang baik atau muslim karena jika developernya muslim maka dia akan menerapkan investasi property syariah. Untuk mengetahuinya anda bisa melihat dari track record yang mereka miliki pastikan bahwa pengembang yang anda pilih sudah terbiasa dengan proyek proyek besar dan memiliki margin eror yang sedikit.

  • Lokasi Properti yang baik

Dalam bisnis property maka lokasi adalah hal yang sangat penting, pastikan posisi rumah yang akan anda beli sesuai dengan prinsipnya yakni syariah tidak merugikan dan membahayakan. Usahakan lokasi pembangunan property anda berada ditempat yang strategis.

Lokasi juga mempengaruhi property anda menarik atau tidak karena biasanya orang akan mencari tempat tinggal dilokasi yang strategis, begitu juga dengan pemasaranya juga biasanya yang paling dikenal adalah letak posisinya.

  • Fasilitas Memadai

Anda harus cermat terhadap apa saja fasilitas yang ada di dalam rumah anda. Hal tersebut karena setiap orang pasti menginginkan lokasi property yang sudah ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Misal fasilitas tempat olahraga, pendidikan, pusat belanja dll. Tidak hanya itu dengan adanya fasilitas yang lengkap anda juga berpeluang untuk membuka bisnis baru.

Baca: Kawasan Islami dengan 16 Fasilitas Kawasan

  • Cermati Harga Properti

Tujuan anda memulai bisnis investasi property ini memang untuk mendapatkan keuntungan, tentu saja harga yang ditawarkan juga harus masuk akal dimana property anda harus memiliki fasilitas yang lengkap dan bangunan yang bagus.

Jika fasilitas anda memadai dan bagus maka anda bisa menwarkan dengan harga yang lumayan tinggi bukan, oleh karena itu pastikan harga yang anda tawarkan sesuai dengan fasilitas dan property yang sepadan.

  • Melihat Sampel rumah

Biasanya pengembang akan menawarkan anda paket rumah yang sudah dibangun dan belum dibangun. Nah jika anda tertarik dengan rumah yang belum dibangun maka anda harus memilih lokasi yang strategis. Anda perlu melihat sampel rumah-rumah yang sebelumnya itu sangat penting karena anda akan mengetahui kualitas mana yang digemari oleh banyak konsumen dan mana yang tidak digemari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Yuk