Prospek Properti 2021, Khususnya Properti Syariah

Prospek Properti 2021, Khususnya Properti Syariah

Tidak dipungkiri, pandemi Corona atau Covid-19 memang memberikan dampak yang cukup besar pada aktivitas perekonomian Indonesia. Ya, dampak pandemi memang menjadikan kegiatan perekonomian Indonesia menjadi lesu atau bahkan mengalami kerugian yang cukup besar. Bisa dikatakan, jika hampir seluruh bisnis dan industri di Indonesia mengalami keterpurukan, termasuk sektor properti Indonesia.

Meskipun demikian, para pelaku bisnis dari sektor properti pun masih menatap optimis bisnis properti di Indonesia, meskipun sampai detik ini, wabah Corona masih menghantui masyarakat Indonesia.

Ya, meskipun wabah masih menghantui berbagai sektor perekonomian Indonesia, tapi masih banyak developer properti, termasuk developer properti syariah yang masih meneruskan pembangunan dan memasarkan produk mereka kepada masyarakat. Hal ini karena kebutuhan hunian rumah pun masih cukup tinggi di Indonesia. Sehingga, bisa dibilang bisnis properti di Indonesia tak benar-benar mati hanya karena pandemi Corona saat ini.

Di tengah pandemi ini pun, para pelaku bisnis properti termasuk developer properti syariah memanfaatkan penjualan properti atau hunian secara online. Jika dilihat dari penjualan tersebut, masih bisa dibilang jika penjual properti cukup berhasil.

Bahkan, Asosiasi Developer Properti Syariah menargetkan bisa membangun 1 juta unit hunian yang memiliki sistem tanpa riba atau sesuai dengan aturan Islam. Hal ini mungkin saja masih bisa terjadi meskipun di tengah pandemi Corona. Sebab, pada bulan Desember 2020 yang memang masih di tengah wabah Corona pun, Asosiasi Developer Properti Syariah atau ADPS sudah mampu membangun sekitar 600 ribu unit hunian syariah di Indonesia.

Prospek Properti di Tahun 2021

Prospek Properti 2021

Hunian adalah salah satu kebutuhan pokok yang memang harus dimiliki oleh setiap orang. Hal inilah yang menjadikan banyak orang masih terus untuk mencari hunian yang nyaman untuk ditinggali. Ya, meskipun wabah Corona belum juga tuntas, bukan berarti angka peminat investasi properti turun drastis. Malah, bisa dibilang masih banyak yang mencari hunian nyaman untuk ditinggali saat wabah Corona masih ada. Ya, bagaimana pun juga karena wabah Corona ini, maka mengharuskan masyarakat harus lebih selalu berada di dalam rumah.

Maka dari itu, masih banyak yang mencari hunian di saat Corona seperti sekarang ini. Jika dilihat dari datanya, ada sekitar 52% orang yang mengaku untuk menunda mencari hunian rumah. Tapi meskipun masih dibilang cukup besar, nyatanya angka tersebut sudah turun. Ya, pada awal-awal pandemi, ada sekitar 60% orang yang mengaku akan menunda mencari hunian rumah. Tak hanya itu saja, sampai sekarang pun masih banyak orang yang mencari hunian rumah di zona aman, atau bisa dibilang mereka cukup menghindari zona merah Covid-19.

Daerah Jakarta Selatan merupakan tempat atau kota yang masih menjadi pilihan paling banyak untuk dijadikan tempat tinggal. Selain Jakarta, Bandung menjadi tempat kedua yang paling banyak diminati untuk menjadi tempat tinggal. Tak hanya itu saja, area Bintaro seperti masih menjadi primadona pencarian properti Indonesia. Hal ini mungkin karena beberapa tempat tersebut adalah tempat yang memang menjadi tempat yang cukup strategis dan berada di pusat kota. Nah, perlu Anda ketahui juga, jika sekarang lebih banyak yang lebih mencari properti syariah. Mungkin termasuk Anda pun lebih minat kepada properti syariah.

Prospek Properti Syariah 2021 di Indonesia

Ya, bisa dibilang jika bisnis properti syariah memang makin marak saja. Hal ini karena properti syariah memang sedang booming atau populer untuk saat ini. Belum lagi, masyarakat Indonesia pun sebagai besar adalah umat Islam. Jadi tidak dipungkiri jika makin banyak yang tertarik untuk melakukan transaksi properti syariah.

Properti syariah sendiri menawarkan skema pembelian dan cicilan properti baik berupa rumah hunian atau bangunan lebih mudah dan tanpa riba 100%. Dalam perwujudannya maka pada properti syariah memang tidak melibatkan bank konvensional. Serta tentunya tidak melibatkan orang ketiga seperti bank dalam proses kepemilikannya. Hal ini mungkin yang menjadikan orang lebih tertarik ke properti syariah, khusus masyarakat Islam.

Ya, bagaimana pun juga sebagai masyarakat Islam, memang Anda harus menghindari yang namanya riba. Riba merupakan salah satu dosa yang harus dijauhi. Sebab, dalam Islam, riba dapat merugikan berbagai pihak. Dengan menjauhi dosa, maka Anda bisa lebih merasa nyaman saat memilih properti syariah. Sebab, dengan menjauhi dosa maka rumah Anda bisa lebih diberkahi oleh Allah SWT.

Biasanya juga, properti syariah tak hanya memberikan kemudahan dalam proses akad dan transaksinya saja. Tapi hunian seperti perumahan syariah pun akan dibuat dengan suasana yang Islami. Seperti adanya berbagai fasilitas yang menunjang Anda untuk menjalankan berbagai kegiatan yang sesuai ajaran Islam, misalnya adalah adanya masjid, sekolah yang berbasis agama Islam, dan berbagai. Hal ini tentunya akan sangat menarik bagi Anda yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan lingkungan yang Islami pun, diharapkan bisa menumbuhkan generasi yang sholeh sholehah dan bisa berguna bagi negara.

Jadi jangan heran jika sekarang ini makin banyak developer properti syariah, sebab properti syariah memang sekarang lebih diminati, terlebih lagi sekarang di masa pandemi. Ya, seperti yang kita ketahui, jika masa pandemi ini menjadi banyak sekor perekonomian yang menurun, sehingga pendapatan masyarakat pun relatif berkurang. Mungkin hal ini juga yang mendorong banyak orang lebih memilih properti syariah yang memang menawarkan pembayaran yang lebih mudah dan tentunya tak ada riba.

Jadi bukan hal yang tak mungkin juga, jika ADPS bisa mewujudkan 1 juta unit hunian syariah di Indonesia. Memang bisnis properti syariah tidak mengalami gejolak yang tinggi, meskipun di tengah pandemi Corona seperti sekarang ini. Bahkan bisa dibilang jika bisnis properti syariah memang tidak memiliki risiko yang tinggi bagi pengembangan properti syariah. Menurut Muhammad Abubakar yang merupakan anggota dari dewan pengawas Asosiasi Properti Syariah Indonesia (APSI) mengatakan bahwa bisnis properti syariah adalah bisnis yang low risk high return. Dengan demikian, maka risiko bisnis properti syariah memang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya.

Bagi Anda yang memang tertarik dengan properti syariah, maka harus bisa membedakan properti syariah dengan properti biasanya. Untuk bisa membedakannya, maka Anda bisa menyimak ulasan selanjutnya ini.

Prospek Properti Syariah 2021 di Indonesia

Cara Membedakan Properti Syariah dan Properti Konvensional

Memang makin banyak saja yang lebih memilih untuk menggunakan developer properti syariah. Hal inilah yang menjadikan makin banyak saja pebisnis yang mulai membuka bisnis properti syariah. Hal inilah yang makin memudahkan Anda untuk mencari developer properti syariah. Tapi meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa dengan mudah menemukan developer properti syariah yang benar-benar amanah atau terpercaya. Sebab, banyak juga yang melakukan penipuan ditengah maraknya properti syariah. Nah, agar Anda tak tertipu, maka ada baiknya Anda pun mengetahui sistem developer syariah berikut ini.

1. Tanpa Melibatkan Bank

Skema murabahah atau skema yang tidak melibatkan bank adalah skema yang memang digunakan oleh para developer properti syariah. Ya, meskipun tak menggunakan bank, bukan berarti Anda tak dapat melakukan cicilan. Dengan developer properti syariah, Anda tetap bisa melakukan cicilan properti. Sebab semua akad dan transaksi jual beli sudah terdapat pada kesepakatan perjanjian tertulis di surat perjanjian pemesanan pembelian rumah. Dalam surat tersebut pun sudah mencangkup tenor dan tentunya angsuran per bulan yang wajib dibayarkan.

2. Tahap Administrasi

Saat Anda sudah menemukan properti yang Anda minati, maka tahap selanjutnya adalah melakukan pembayaran DP atau uang muka. Pembayaran ini bisa dilakukan secara tunai atau juga angsuran, yang dilakukan akad antara Anda sebagai konsumen dan developer properti syariah yang Anda pilih.

3. Tanpa BI Checking

Selanjutnya adalah di developer properti syariah tidak adanya BI Checking. Hal ini karena dalam akad dan transaksi properti syariah memang tidak melibatkan bank, ini berarti tidak adanya proses penilaian kelayakan konsumen dari BI Checking. Jika semuanya, meliputi besaran tenor, besaran cicilan dan margin telah disepakati oleh semua pihak, maka Anda sebagai pembeli properti hanya akan berurusan dengan developer properti syariah dan notaris.

4. Akad Jual Beli Oleh Konsumen dan Developer

Pada tahapan ini, akad jual beli akan disaksikan oleh notaris dan juga konsumen.

5. Penyerahan Kunci

Nah, karena tidak melibatkan bank dalam prosesnya, maka rumah yang dibeli dari developer properti syariah akan bergantung pada ketersediaan dana angsuran Anda. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki atau mendapat kunci rumah lebih cepat maka Anda perlu melakukan ansurannya dengan lancar.

Itulah sistem developer properti syariah. Dengan mengetahui sistem dari developer properti syariah, maka Anda pun dapat mencari developer properti syariah yang memang benar-benar amanah dan tentunya bisa membuat Anda terhindar dari penipuan. Karena makin maraknya developer properti syariah, maka makin banyak juga developer properti syariah yang bisa dibilang melakukan penipuan. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini, yang notabenenya masih menjadi masa yang sulit untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Nah, ada beberapa hal yang menjadikan properti syariah sekarang ini lebih diminati oleh masyarakat, terutama masyarakat Islam. Berikut adalah hal-hal yang menjadikan bisnis properti syariah memiliki peminat yang banyak, sehingga bisnis properti syariah bisa dibilang cukup pesat berkembang sampai sekarang ini.

Keunggulan Properti Syariah

Keunggulan Properti Syariah

Di awal pun sudah dibahas sekilas tentang keuntungan atau keunggulan dari properti syariah. Nah, agar lebih jelas tentang keunggulan dari properti syariah yang bisa Anda atau konsumen dapatkan, maka Anda dapat menyimak ulasan berikut ini tentang keunggulan dari properti syariah.

1. Sesuai dengan Syariat Islam

Mungkin dulu memang banyak muslim yang cukup takut untuk melakukan investasi properti. Sebab, di Indonesia memang masih banyak sekali praktik investasi properti yang tak sesuai dengan syariat Islam. Bagi Anda yang memang ingin melakukan inventasi properti yang sesuai dengan syariat Islam, maka memang ada baiknya Anda memilih developer properti syariah.

Sebab praktik dari developer properti syariah memang 100% sesuai dengan ajaran Islam. Inilah yang menjadi daya tarik bagi para muslim untuk mulai berinvestasi properti syariah dengan menggunakan jasa developer properti syariah. Dengan demikian, maka jelas Anda yang beragam Islam akan lebih merasa tenteram saat menggunakan developer properti syariah yang sesuai dengan syariat Islam.

2. Tanpa Denda

Dalam syariat Islam tidak ada yang namanya denda sebab denda termasuk dalam riba. Hal inilah pun yang membuat Anda sebagai pihak konsumen tidak akan merasa dirugikan. Jika memang Anda telat membayar angsuran, maka Anda tidak akan didenda.

Biasanya sebagai ganti dendam, Anda akan diberikan waktu tambahan untuk membayar angsuran Anda. Jika memang sampai waktu tambahan, Anda pun masih belum melunasi angsuran, maka pihak pengembang developer properti syariah akan memanggil Anda dan melakukan diskusi untuk mencari jalan keluarnya.

3. Tanpa Sita Yang Batil

Selanjutnya, tak hanya tidak adanya sistem denda, dalam praktik properti syariah pun tak ada sistem sita, meskipun Anda sebagai pembeli tak dapat melunasi angsuran Anda. Nah, untuk melunasi hutang Anda, maka hunian Anda akan dijual. Jika dulu Anda membeli hunian senilai 150 juta, dan rumah terjual 200 juta, maka keuntungan 50 juta akan menjadi milik Anda.

4. Harga Pasti

Keuntungan atau kelebihan lain yang bisa Anda rasakan dari properti syariah adalah harganya yang pasti. Pada bank konvensional suku bunganya kadang naik turun sehingga total harga untuk sebuah rumah belum bisa dihitung di awal.

5. Lebih Nyaman di Hati

Tak hanya bisa bebas riba dan harga yang pasti, memilih properti syariah pun bisa membuat Anda terhindar dari kecurangan sehingga dapat menimbulkan rasa aman pada hati Anda. Ya, praktik properti syariah pun dilakukan dengan transparan, sehingga tak akan merugikan berbagai pihak, terutama pihak konsumen sebagai pembeli properti syariah. Selain itu, tak akan adanya gharar dalam praktik properti syariah. Gharar adalah penipuan atau informasi yang bisa menyesatkan untuk pembelian atau untuk Anda sebagai pembeli properti syariah.

6. Kualitas Bangunan Terjamin

Meskipun lebih murah, tapi bukan berarti kualitas bangunan atau properti yang ditawarkan jelek. Ya, masih banyak sekali developer properti syariah yang menawarkan kualitas bangunan yang terbaik. Hal inilah yang tentunya akan membuat Anda makin merasa nyaman saat tinggal di hunian dengan kualitas bangunan yang baik. Agar bisa menemukan kualitas bangunan yang memang benar-benar baik, maka Anda pun harus mencari developer properti syariah yang memang benar-benar amanah.

7. Fasilitas Islami

Ini pun menjadi salah satu daya tarik dari hunian berupa perumahan properti syariah. Ya, biasanya developer properti syariah pun merancang lingkungan perumahan yang bernuansa islami. Sehingga, Anda sebagai umat Islam akan merasa lebih nyaman jika tinggal di perumahan yang memiliki nuansa islami.

Hal ini pun bertujuan agar bisa menciptakan generasi yang sholeh sholehah, sehingga tentunya bisa bermanfaat bagi agama dan negara. Dengan demikian, biasanya perumahan properti syariah akan menawarkan berbagai fasilitas yang bisa menunjang hal tersebut, seperti fasilitas masjid, sekolah islami, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa kelebihan atau keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari properti syariah. Keuntungan tersebutlah yang menjadikan properti syariah sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, khusus masyarakat Islam. Sehingga bisa dibilang properti syariah akan bisa sangat berkembang untuk di masa depan.

Dengan kelebihan yang dimiliki properti syariah, maka mungkin tak ada salahnya Anda mencoba investasi properti syariah. Sebab bisa saja dikemudian hari, bisnis properti syariah akan berkembang pesat di Indonesia, melihat makin banyak yang meminatinya. Tapi tentunya Anda harus bisa memilih developer properti syariah yang benar-benar terpercaya atau amanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *